Ubuntut Linux Bajakan !!

haa haa ada ada saja komentar, seorang teman yang baru saja saya kenal beberapa hari yang lalu, ceritanya kemarin saya nyoba akses internet dari warnet deket rumah, dan ketemu dengan ownernya, cerita lah ia tentang keluhan warnetnya ini dan itu , dan nampak dengan jelas bahwa jendela = windowsOsnya bajakan punya :(, dengan smangat 45 gw kompor-komporin migrasi ke UBuntu, dengan polosnya si om berkata ” kan linux ada yang bajakan juga mas” saya lihat di mangga dua” mendengar itu saya hampir ngakak kelepasan haahahah (bagusnya gw cuman cengar cengir), lalu coba gw  jelaskan tentang lisensi GPL

FREE = Bebas di modifikasi, Bebas di distribusikan sebanyak-banyaknya, dll

jadi kalo yang di mangga dua itu pada menggandakan cd ubuntu atau distro2 lain yang GPL yaah itu sah-sah saja. asal bukan RHEL dan SuSE Enterprise (ini masuk dalam kategori pelanggaran hak cipata)

lalu saya juga menerangkan bahwa tak semua Disto (distribusi) itu benar-benar free (free dalam artian si om itu Gratis” ), untuk yang lisensinya berbayar ada juha looh mas spt RHEL dan SuSE enterprise dll, tooh ada juga Pembajakan /penggandaan CD/DVD spt RHEL dan SuSE Enterprise 🙂 yang mungkin di lihat si om itu di mangga dua 😦

setelah bincang-bincang barulah si om itu berkata Oh oh dan , alhamdulillah dia mulai mengerti apa itu GPL, dan Free itu tak melulu GRATIS 😦 , dan bagusnya sim om kena gw komporin .intall satu PC nya Ubtuntu 8.010 (walau masih gagal karena CdRoomnya eror) mau booting pake flashdisk duuh tuhh fdd di pinjem sepupu pula 😀 , tp asiknya gw mendapatkan lisensi free akses selama warnet itu buka hahahaha ,

One thought on “Ubuntut Linux Bajakan !!

Leave a Reply

