Smart Card Berbasiskan Open Source

sumber tulisan dari sini

AMSTERDAM, JUMAT – Lembaga nirlaba di Belanda mendorong pembentukan platform software smart card berbasis open source. Tujuannya menekan celah kelemahan yang saat ini banyak ditemukan pada sistem kartu pintar di negara tersebut yang juga dipakai di AS dan Inggris.

Untuk memuluskan software tersebut NLnet Foundation menyiapkan dana 150.000 Gulden atau sekitar Rp2,1 miliar untuk memuluskan proyek tersebut. Direktur yayasan Valer Mischenko mengatakan pengembangan awal akan dilakukan di Universitas Redbound yang ditargetkan selesai tahun 2010.

Hasil penelitian dan seluruh kode platform yang dibuat akan diopublikasikan dalam jurnal ilmiah. Model pengembangan berbasis komunitas open source seperti ini diharapkan memberikan dasar sistem keamanan lebih tangguh daripada sistem propietary yang mendominasi pasar smart card saat ini.

Kebutuhan sistem keamanan yang lebih baik telah menjadi hal yang mendesak. Sistem propietary dinilai berisiko besar karena ketidakterbukaan pengembang software terhadap sistem yang digunakan.

Tahun lalu, para peneliti menemukan kelemahan fatal pada chip Mifare Classic RFID (radio frequency identification) yang telah dipakai hampir 2 miliar kartu untuk akses gedung dan sistem transportasi di seluruh dunia. Mereka menggambarkan betapa rapuhnya sistem yang dipakai karena menggunakan algoritma enkripsi 48 bit saja.

“Dengan demikian, hal tersebut memungkinkan pembuatan kartu kloning, dalam beberapa kasus, menambahkan sendiri nilai uang untuk digunakan pada layanan transportasi publik,” ujar bart Jacobs, profesor keamanan informasi dari Universitas Radboud. Ia mengatakan Mifare menggunakan chip tahun 90-an yang tidak didesain menghadapi perkembangan teknologi yang terus berkembang.

Karena itu, tim yang dipimpinnya akan mengembangkan algoritma yang lebih kuat dan mudah diadopsi. Mereka akan bekerja mulai Juli dan berharap dapat menemukan kerangka yang terbaik dalam enam bulan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s